Daftar Negara yang Diundang RI Ikut Finance Track G20

Presidensi G20 Indonesia sudah memasuki bulan kelima sejak dimulai pada Desember tahun lalu. Berbagai isu internasional menjadi fokus pembahasan mulai dari ekonomi, penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi digital, dan transisi energi hijau.

Untuk membahas isu-isu tersebut, Indonesia membagi jalur pembahasan menjadi dua, yakni Finance Track dan Sherpa Track.

Sherpa Track merupakan gabungan beberapa isu penting yang menjadi pembahasan forum dunia mulai dari pendidikan, ekonomi digital, pariwisata, ketenagakerjaan, anti korupsi, perdagangan, hingga lingkungan.

Sementara, Finance Track merupakan jalur keuangan yang diisi oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara G20. Pada tahun ini, Indonesia akan mengundang sejumlah negara untuk ikut serangkaian pertemuan Finance Track G20.

Negara-negara yang akan diundang adalah negara G20 yang beranggotakan Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, China, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Turki, dan Uni Eropa.

Selain itu, negara negara yang akan diberikan kursi delegasi dalam pertemuan Finance Track adalah Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Spanyol, Belanda, Swiss, Uni Emirat Arab, Congo, Rwanda, Fiji, Antigua dan Barbuda, dan Kamboja.

Beberapa negara yang diundang diketahui merupakan pimpinan di kawasan masing-masing seperti Kamboja adalah pemimpin Asean 2022, hingga Kongo.

Tak hanya itu, beberapa organisasi internasional juga akan diundang seperti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Bank Dunia (WB), Badan Kesehatan Dunia (WHO), Bank Pembangunan Islam (IsDB), Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Kemudian, Financial Action Task Force (FATF), Financial Stability Board (FSB), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), Global Infrastructure Hub (GIH), World Trade Organization (WTO), dan International Labour Organization (ILO).

Baca artikel CNN Indonesia “Daftar Negara yang Diundang RI Ikut Finance Track G20” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220414153558-532-784912/daftar-negara-yang-diundang-ri-ikut-finance-track-g20.

admin

Next Post

Berlaku 19 April, Ini Persyaratan Mudik Terbaru Naik Pesawat

Thu Apr 21 , 2022
Bagi Anda yang berencana mudik dengan menggunakan moda transportasi pesawat, sebaiknya perhatikan aturan mudik terbaru ini. Pemerintah menerbitkan aturan baru mengenai syarat perjalanan dalam negeri menggunakan moda transportasi udara. Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan (SE Menhub) Nomor 48 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri […]

You May Like